Selasa, 07 Agustus 2018

7 Manfaat Bersepeda

7 Manfaat Bersepeda - Bersepeda adalah olahraga yang sering dilakukan dimanapun, juga termasuk hobi, dan termasuk salah satu jenis olahraga ringan yang mudah dilakukan semua orang. Bersepeda yakni banyak manfaatnya. Selain menyehatkan raga, bersepeda juga dapat menjaga kesehatan jiwa anda.
7 Manfaat Bersepeda

Berikut 7 manfaat bersepeda :

1. Mencegah penyakit jantung
Jantung merupakan organ tubuh yang terpenting untuk terwujudnya kehidupan yang sehat, tetapi jantung juga bisa rusak bila gaya hidupnya tidak aktif. Bersepda juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Bila seseorang rutin bersepeda maka serangan jantung akan berkurang dan mengurangi tekanan serang jantung sebanyak lebih dari 50 persen.

2. Membakar kalori
Bersepeda juga dapat membakar kalori sekitar 300 kalori per jam, orang dengan berat 80 kg, dapat membakar lebih dari 500 kalori setelah melakukan bersepeda selama satu jam  dengan kecepatan sedang, Gerakan tubuh saat mengayuh sepeda membantu membakar banyak kalori.

3. Melatih otot
Bersepeda pasti melibatkan dengan otot paha depan, hamstring, dan otot betis, dengan bersepeda akan membuat otot-otot tersebut kuat dan kencang dan tubuh terlihat ramping karena proses dari mengayuh sepeda.

4. Meningkatkan stamina
Bersepeda merupakan cara terbaik untuk meningkatkan stamina. Beberapa penilitian menunjukan bahwa bersepeda juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit, selain itu bersepeda juga akan memperkuat jantung dan paru-paru yang memungkinkan anda bekerja lebih efisien.

5. Meningkatkan suasana hati
Bila kecemasan, stres, dan depresi datang semua bisa diatasi dengan bersepeda, karena bersepeda itu sendiri juga kesenangan dan kepuasan yang diperoleh dari naik sepeda. Besepeda juga baik untuk kesehatan mental. Hal ini mungkin disebabkan karena pelepasan endorfin (senyawa kimia otak yang menimbulkan perasaan senang), dan bersepeda memiliki efek relaksasi yang besar karena gerakan sikliknya yang seragam dapat menstabilkan fungsi tubuh.

6. Memperkuat sistem kerangka
Beresepeda memliki manfaat pada kepadatan dan kekuatan tulang, sehingga secara otomatis kerangka pun menguat. Selain itu bersepeda dapat menguatkan otot, dan otot yang kuat mampu melindung sistem kerangka.

7. Melindungi bumi dari pemanasan global
Memilih sepeda untuk dijadikan alat transportasi harian dan mengurangi perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor, akan mengurangi emisi gas rumah kaca, biaya pemeliharaan jalan, serta mencegah kemacetan. Bersepeda selama 25 menit setiap hari, mampu menyimpan sekitar 165 kg karbondioksida selama satu tahun, dan dapat membatu mengurangi efek pemanasan global.

Itulah 7 manfaat berspeda. Bersepeda sangat baik untuk kesehatan, yang namanya olahraga itu pasti menyehatkan Baca juga tips mengecilkan perut dengan olahraga.

Kata kunci artikel :
7 manfaat bersepeda, manfaat bersepeda

0 komentar:

Posting Komentar

10 Entri Populer