Sabtu, 22 Maret 2014

Makanan yang Membuat Tidur Nyenyak

Tidak mendapatkan cukup tidur akan memberikan pengaruh yang besar baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Kurang tidur ini mempengaruhi tubuh secara instant dan dapat langsung terlihat di wajah Anda.
Umumnya kurang tidur atau tidur tidak nyenyak akan membuat wajah turun, ada lingkaran hitam di mata, kurang konsentrasi, rasa gugup serta penurunan sistem immune tubuh.

Cobalah memilih jenis makan dan minuman di bawah ini untuk membuat kalian tidur lebih baik. Namun harus diingat, hindari mengonsumsi makanan dua jam sebelum pergi ke tempat tidur, agar sistem pencernaan mempunyai waktu yang cukup untuk memproses makanan dengan sempurna.

1. Kacang Almond
“Almonds adalah pemenang,” kata Jacob Teitelbaum direktur medis Fibromyalgia and Fatigue dan penulis From Fatigued to Fantastic. Almond mengandung magnesium yang membantu kamu tertidur dan relaksasi otot. Selain itu, almond memiliki manfaat tambahan yaitu menyediakan protein yang membantu menjaga kadar gula darah yang stabil selama kamu tertidur. Kacang ini juga membuat kamu mengantuk dengan cara mematikan siklus adrenalin yang mengingatkan kamu untuk beristirahat.


2. Teh Hijau
Menghindari kafein di malam hari adalah salah satu kunci agar mudah tertidur. Namun banyak minuman tanpa kafein yang membantu kalian cepat tertidur, kata Dr. Teitelbaum. Meminum teh chamomile dan teh hijau merupakan pilihan yang baik untuk masalah ini.  Teh hijau mengandung theanine, yang dapat membantu mudah tidur.




 3. Sup Miso
Miso mengandung asam amino yang dapat meningkatkan  produksi melatonin, hormon alami yang dapat membantu kamu mengantuk. Penelitian menunjukkan bahwa cairan panas seperti sup dan teh meringankan gejala flu, membantu kalian gampang tertidur.


4. Pisang
Tinggi kandungan magnesium dan potassium, pisang membantu merilekskan otot di tubuh. Ia juga menyeimbangkan hormon di otak sehingga ia ampuh membuat tidur Anda nyenyak dan berkualitas.

5. Produk susu
Pernah mengamati mengapa para bule mengonsumsi segelas susu sebelum tidur? Susu mengandung kalsium yang akan membantu mengurangi stres di dalam tubuh. Dalam kondisi rileks, tubuh dapat memasuki tidur yang berkualitas.

6. Oatmeal
Makanan yang satu ini mungkin rasanya kurang enak. Namun ia sangat tinggi kandungan kalsium, magnesium, fosfor, silikon dan potassium, semua bahan yang dibutuhkan untuk memberikan tidur yang berkualitas.

7. Kalkun
Dari semua makanan tadi, kalkun merupakan salah satu yang mengandung paling banyaktryptophan. Asam ini membantu otak membuat serotonin yang sangat membantu membuat kita merasa relax dan terlelap.

8. Selada
Selada dalam salad untuk makan malam Anda dapat mempercepat waktu tidur karena mengandung lactucarium yang memberi efek menenangkan serupa dengan candu. Buku Stealth Health memberikan alternatif untuk mengonsumsi selada, dengan menjadikannya sebagai minuman: Didihkan 3-4 daun selada besar dalam secangkir air selama 15 menit. Angkat, tambahkan dua tangkai daun mint, dan seruput kehangatannya sebelum Anda pergi tidur.

Semua makanan atau minuman di atas sangat mudah ditemukan dalam konsumsi sehari-hari. Anda hanya perlu lebih disiplin saja dalam mengatur menu dan mendapatkan tidur berkualitas Anda. Yuk hidup sehat dengan cara alami dan menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar

10 Entri Populer