Jumat, 21 Maret 2014

Mengenal Hosting

Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Biasanya penyedia Hosting (Hosting Provider) menyediakan banyak paket pilihan untuk penyewa/client, tentu saja pilihan paket itu sendiri disesuakian dengan kebutuhan si penyewa/client. Adapun kebutuhan sesuai penyewa/client itu contohnya dari quota space harddisk,quota bandwith,bahasa pemrograman,dan database.

Terdapat beberapa jenis webhosting, yaitu:

Share Hosting, merupakan sebuah layanan hosting, dimana pada satu server hosting terdapat beberapa account yang dapat menggunakannya secara bersamaan baik service dan resource. Pada jenis hosting ini, prilaku satu account hosting akan dapat mempengaruhi kepada account yang lain, terutama apabila account tersebut menggunakan resource terlalu besar yang mengakibatkan kinerja server terganggu atau melakukan pengiriman email massal yang berakibat ip server terblokir oleh anti spam.

VPS (Virtual Private Server), merupakan sebuah layanan hosting yang secara umum sama dengan jenis shared hosting, perbedaannya adalah pada pembagian resource per user/account sehingga tidak terjadi perebutah resource server.

Dedicated Server, adalah layanan hosting dengan menggunakan server secara keseluruhan, anda dapat menggunakan server tersebut untuk testing aplikasi, layanan web hosting, serta layanan digital lainnya

Tipe-Tipe hosting :

- Free Hosting
Hosting ini merupakan hosting yang disediakan secara gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja. Proses registrasi dibutuhkan konfirmasi melalui email sehingga membutuhkan email aktif dan bisa dibuka untuk menggunakan hosting ini.

- Virtual (shared) Hosting
Dimana didalam satu server terdapat banyak hosting (salah satunya milik anda) dan terdapat banyak domain. Biasanya hosting yang satu ini yang paling banyak digunakan, biayanya juga lebih murah.

- Virtual Private Hosting
Menyewa server khusus untuk pribadi anda sendiri jadi seolah-olah anda mempunyai komputer server sendiri sama seperti Virtual Shared Hosting bedanya karena ini server anda sendiri untuk kapasitas harddisknya tidak terbatas dan bandwith yang anda gunakan juga tidak terbatas. Tidak memerlukan tenaga ahli khusus untuk merawatnya.

- Dedicated Hosting
Dedicated Hosting mempunyai harga yang mahal. Karena anda memiliki server sendiri dan dalam satu server tersebut hanya ada satu hosting dan domain milik anda. Anda memerlukan tenaga ahli untuk merawatnya

- Collocated Hosting
Collocated Hosting sama seperti memiliki server sendiri dikantor / rumah anda, tetapi pada Collocated Hosting servernya terletak diperusahaan hosting dan mereka yang merawatnya.

Dengan berlangganan account hosting pada penyedia hosting, Anda biasanya mendapatkan nama domain, sejumlah ruang disk yang bisa diisi dengan file-file Anda, alamat/account email. Sehingga Anda dapat membuat website dan berinteraksi dengan pengunjung website dan/atau staf Anda menggunakan website dan email.


0 komentar:

Posting Komentar

10 Entri Populer